Profesional dan Bermutu

Siapa bilang menjadi guru itu mudah dan tak usah bersusah payah. Apalagi menjadi guru sebagai sebuah profesi yang dituntut untuk professional, sudah tentu akan membutuhkan berbagai upaya dan pengorbanan yang cukup besar. Karena dibalik setumpuk tuntutan tugas dan kewajiban, seorang guru juga harus selalu meluangkan waktu untuk meningkatkan kualitas diri. .
Kata profesional itu sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti ahli, pakar atau mumpuni dalam bidang yang digeluti. Oleh karena itu, menjadi profesional berarti menjadi ahli dalam bidangnya. Dan seorang ahli, tentunya berkualitas dalam melaksanakan pekerjaannya serta memiliki integritas dan personaliti yang tinggi. Dalam perspektif ini, menjadi profesional adalah satu kesatuan antara konsep personaliti dan integritas yang dipadupadankan dengan skill atau keahlian serta kualitas kerja.
Lalu apakah yang dimaksud dengan guru Profesional? Guru professional adalah guru yang selalu meramu kualitas dan integritasnya. Mereka tidak hanya memberikan pembelajaran bagi peserta didiknya akan tetapi mereka juga harus selalu melakukan pembelajaran bagi dirinya. Zaman terus berubah dan ilmu pengetahuan pun ikut berubah. Oleh karena itu, guru harus selalu meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam berbagai hal agar tak tergilas oleh kemajuan zaman. Dalam hal ini, Guru benar-benar dituntut untuk menjadi sosok yang sempurna dan harus berupaya untuk mencapai kesempurnaan tersebut dengan selalu meningkatkan kualitas diri.
Banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan kualitas diri baik itu melalui ruang formal atau melalui pelatihan-pelatihan serta melalui kegiatan kajian kritis atas berbagai sumber ilmu pengetahuan. . Salah satu hal yang bisa dilakukan adalah dengan melalui kegiatan MGMP Bermutu. Kegiatan MGMP Bermutu ini dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas dan kinerja guru melalui peningkatan penguasaan materi pembelajaran dan keterampilan mengajar di kelas. Dengan serangkaian kegiatan dalam bentuk case study, lesson study, kajian kritis, study visit serta PTK diharapkan sosok guru yang professional dan Bermutu bisa terwujud dengan baik.
Kegiatan Bermutu juga diharapkan bisa meningkatkan motivasi dalam menjalankan tugas sebagai seorang guru serta menumbuhkan mentalitas professional sbb:
1. Mentalitas mutu
Selalu menampilkan kinerja terbaik dan berusaha mencapai kesempurnaan
2. Mentalitas altruistic
Selalu dimotivasi untuk berbuat baik atau berguna bagi masyarakat
3. Mentalitas melayani
Tidak bekerja untuk kepuasan diri sendiri melainkan bekerja untuk memenuhi kebutuhan masyarakat
4. Mentalitas pembelajar
Selalu melakukan pembelajaran untuk meningkatkan kualitas dirinya
5. Mentalitas pengabdian
Tertarik dan terpanggil untuk mengabdi pada profesi
6. Mentalitas kreatif
Menguasai dan mengembangkan keilmuannya dengan kreatif, berdaya cipta dan inovatif
7. Mentalitas etis
Menerima semua konsekwensi profesi baik itu pahit maupun manis dan selalu menggeluti wacana moral yang relevan dengan profesi yang dipilihnya.
Dari uraian diatas kita tahu bahwa Profesional dan Bermutu menunjukan kesuksesan guru dalam menjalankan tugas keseharian. Olehkarena itu, Kobarkan SEMANGAT ,dan tetaplah berjuang untuk selalu meningkatkan kualitas diri, karena sukses adalah hak setiap orang bagi yang mau berusaha dan menerimanya.

Komentar

Postingan Populer