PERANAN GURU DALAM INOVASI PENDIDIKAN

Guru adalah tenaga pendidik yang merupakan tenaga professional yang bertugas merencanakan dan melaksanakan proses pembelajaran, menilai hasil pembelajaran, melakukan pembimbingan dan pelatihan, serta melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat seperti yang tercantum dalam Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Guru juga merupakan ujung tombak di sekolah yang berhubungan secara langsung dengan peserta didik. Oleh karena itu guru memiliki peran yang sangat penting dalam setiap upaya peningkatan mutu pendidikan serta pelaksanaan layanan pendidikan . Salah satu upaya untuk mencapai hal tersebut diatas adalah dengan melakukan pengembangan inovasi pendidikan .

Yang dimaksud dengan inovasi seperti yang diungkapkan oleh Sa’ud, adalah suatu ide, barang, kejadian, metode yang dirasakan atau diamati sebagai suatu hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang (masyarakat), baik itu berupa hasil invention maupun diskoveri yang diadakan untuk mencapai tujuan tertentu atau untuk memecahkan suatu masalah tertentu. Sedangkan Pendidikan menurut UU No 20 tahun 2003 adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memilih kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Inovasi dalam pendidikan adalah usaha mengadakan perubahan dengan tujuan untuk memperoleh hal yang lebih baik dalam bidang pendidikan. inovasi pendidikan ini harus diupayakan secara terus menerus sesuai dengan perkembangan anak, perkembangan zaman, situasi, kondisi, dan kebutuhan peserta didik. Oleh karena itu sangatlah penting bagi seorang guru untuk mengenal potensi setiap peserta didiknya agar dalam pemberian layanan pendidikan terutama yang berhubungan dengan inovasi pendidikan bisa berjalan secara efektif dan efisien. Artinya dengan inovasi yang dilakukan oleh seorang guru maka akan dicapai hasil yang sebesar-besarnya, menyeluruh hanya dengan menggunakan sumber tenaga, uang, alat dan waktu dalam jumlah sekecil-kecilnya.

Inovasi di dalam pendidikan juga diperlukan untuk memecahkan setiap persoalan dan menjawab setiap tantangan melalui sebuah pemikiran baru yang mendalam dan progresif. Dan untuk tujuan tersebut, peran guru sebagai anggota masyarakat yang bertugas membimbing, mengajar dan atau melatih peserta didik dituntut untuk selalu mengembangkan kompetensi mereka . Dengan kompetensi yang dimiliki oleh seorang guru maka terobosan-terobosan baru dalam dunia pendidikan akan selalu berkembang.Dengan kompetensi nya, seorang guru juga akan lebih pandai dalam mengenali potensi peserta didik sehingga setiap upaya pengembangan pendidikan bisa terlaksana secara maksimal serta tujuan pendidikan bisa tercapai dengan baik.

Dengan memperhatikan uraian tersebut diatas, jelaslah bahwa dalam mengupayakan setiap inovasi dalam pendidikan agar dapat berjalan secara efektif dan efisien, seorang guru harus mengenal potensi yang dimiliki setiap anak didiknya dengan selalu mengembangkan kompetensi dirinya . Hal ini dimaksudkan agar mereka selalu dapat mengembangkan inovasi dalam pendidikan serta mengupayakan supaya setiap pengembangan inovasi pendidikan yang telah disiapkan dapat berjalan dengan sempurna,untuk mencapai tujuan pendidikan karena pada hakikatnya setiap upaya yang dilakukan dalam pendidikan merupakan upaya dasar untuk memperbaiki aspek-aspek pendidikan.

Komentar

Postingan Populer